Latest Stories

- seberapa besarkah perbandingan konsumsi bbm dari ke-2 merk motor tsbtnya ?
- seberapa kencangkah akselerasi new jupiter mx 135 di bandingkan dg new supra x 125 ?
- apakah new jupiter mx 135 masih tetap memakai bbm standar (bensin) ataukah sdh wajib pertamax ??
- seberapa kuat ke-duanya dalam segi ketahanan sparepart (ke-awetan mesin) ??

-Seberapa besarkah perbandingan konsumsi bbm dari ke-2 merk motor tsbtnya ?
Supra X dan Jupiter MX sama-sama motor 4 tak, sama-sama memiliki sensor Throttle Position Sensor (TPS) yang tujuannya agar timing pengapian dan timing pembakaran sesuai bukaan gas, sehingga ujung-ujungnya adalah agar BBM menjadi efisien sehingga irit. Konsumsi BBM Jupiter MX adalah 1:52 dengan penggunaan bensin Pertamax Plus (sesuai dengan compression ratio Jupiter MX yang menuntut tinggi 10.9:1) atau 1:50 bila menggunakan bensin Premium. Konsumsi BBM Supra X dapat mencapai 1:55-1:60. Untuk ukuran keduanya dapat dikatakan kedua motor Honda VS Yamaha ini sama – sama irit.
Untuk membandingkan konsumsi BBM, kelemahan orang Indonesia adalah berdasarkan feeling tiap hari dia menghabiskan berapa duit untuk isi BBM. Padahal ini sangat subyektif sekali dan tidak memperhitungkan berapa penyimpangan berkendara yang terjadi, misalnya belok ke jalan untuk mampir beli nasi bungkus padahal kalau ditotal cukup memakan beberapa kilometer. Cara paling obyektif menentukan konsumsi BBM bukan dengan “biasanya” tiap minggu saya isi berapa duit, tetapi dengan cara sbb:
a. isilah tangki kendaraan dengan full tank
b. catat posisi terakhir saat isi BBM itu pada speedometer penunjuk kilometer, berikut desimalnya. Misalnya posisi terakhir 1005.3 km
c. pakailah kendaraan anda sebagaimana biasanya. Satu atau dua hari kemudian, isi lagi BBM kendaraan anda dengan full tank. Ada 2 hal yang harus anda catat: posisi terakhir km di speedometer dan jumlah liter berikut desimalnya(bukan jumlah rupiah).
Misal: posisi terakhir 1051.8 km.
Jumlah liter: 1.1 liter
Maka didapatlah rumus konsumsi BBM yang benar, yaitu:
( 1051.8 – 1005.3 ) / 1.1
= 46.5 / 1.1
= 42.27272727
= dibulatkan 42.3
maka 1 liter BBM dapat menempuh 42.3 km atau disingkan 1:42.3
Saat ini semua motor bebek, tidak lagi bisa diclaim Motor Irit Pasti Honda, sebab baik itu produk bebek Yamaha dan Suzuki dari kelas 110-135cc saat ini mencatat konsumsi 1:40an – 1:50an dan ini masih tergolong irit.
- seberapa kencangkah akselerasi new jupiter mx 135 di bandingkan dg new supra x 125 ?
Jupiter MX memiliki Power Max 11,33 HP @ 8500 rpm, Torsi Max 1,165 kgf.m @5500 rpm
New Jupiter MX memiliki Power Max 12.3 HP @ 8500 RPM, Torsi Max 1,24 kgf.m @6.000
Sedangkan Supra X, memiliki Power Max 9.1 HP @ 7.500 rpm, Torsi Max 1,03 kgf.m @ 4000 rpm.
Dari data tersebut, Jupiter MX dan New Jupiter MX unggul telak dalam akselerasi dan daya kuda (Horse Power) dibandingkan Supra X. Dalam hal kecepatan, Jupiter MX dan New Jupiter MX tidak layak disejajarkan dengan Supra X, tetapi dengan Honda CS1. Kalau dibandingkan dengan tenaga yang dihasilkan, Supra X hanya unggul tipis dari New Jupiter Z 115: 8.8 HP (New Jupiter Z 115) VS 9.1 HP (Supra X).
Tidak ada ceritanya Supra X standard menang melawan Jupiter MX standard (apalagi menang melawan New Jupiter MX) pada track lurus. Kalaupun Supra X bisa menembus 130km itu pasti menggunakan CDI unlimiter, coil racing berikut coil booster dan menurunkan gear belakang 2 hingga 3 mata.
- apakah new jupiter mx 135 masih tetap memakai bbm standar (bensin) ataukah sdh wajib pertamax ??
Pemakaian premium , pertamax dan pertamax plus ditentukan oleh compression rasio (rasio kompresi). Di mana semua motor bebek Honda (Supra X, Blade, Revo) memiliki rasio kompresi 1:9. Sedangkan motor bebek Yamaha sudah diatas 9.0. Misalnya New Jupiter X , Vega R, Vega ZR memiliki rasio kompresi 9.3:1. Dan Jupiter MX memiliki rasio kompresi tertinggi di dunia bebek, yaitu 10.9:1. Dari data yang ada, komsumsi BBM apakah menggunakan premium, pertamax, atau pertamax plus bukan didasarkan pada asumsi. Namun ada rumusannya:
rasio komrepsi sampai dengan 9.0 –> premium
rasio kompresi > 9.0 – 10.0 –> Pertamax
rasio kompresi >10.0 – 11.0 –> Pertamax Plus
Konsumsi BBM Jupiter MX selayaknya menggunakan Pertamax Plus, namun pabrikan Yamaha sudah merancang karburator dan timing pengapian, Jupiter MX masih aman menggunakan bensin Premium.
Penggunaan Pertamax dan pertamax Plus akan membuat mesin menjadi awet, tidak cepat kotor sehingga baret-baret, yang pada akhirnya menurunkan performa mesin, lebih ramah lingkungan sebab sama sekali tidak menggunakan timbal dan racun-racun berbahaya lainnya, memiliki sifat detergeniser (semacam zat pembersih)untuk menjamin mesin dalam keadaan bersih. Saat ini hanya motor bebek Honda sendirian yang menggunakan kompresi yang rendah 9:0, yang didesign untuk menggunakan Premium. Namun pemakaian jangka panjang premium akan membuat mesin dan ruang bakar cepat kotor, diakibatkan kualitas bensin premium yang dijual di indonesia sangat rendah.
- seberapa kuat ke-duanya dalam segi ketahanan sparepart (ke-awetan mesin) ??
Daya tahan Jupiter MX menang telak melawan produk Honda Supra X. Apa sebab? Karena Jupiter MX menggunakan diasil cylinder dan forged piston yang menggunakan sistem tempa yang anti baret , minim gesekan, dan mesin tetap prima walau dipakai 5 tahun. Honda Supra X cylinder dan piston tidak menggunakan sistem tempa, sehingga lewat 36.000 km atau 3 tahun pemakaian adalah jangka waktu masa garansi berakhir, disebabkan cylinder dan piston yang tidak tahan lama dibandingkan dengan Jupiter MX.
Saat ini sparepart Yamaha lebih murah dari Honda. Sparepart Honda terkenal mahal.
Kesimpulan:
Supra X adalah produk Honda lama, diganti-ganti bajunya agar nampak “baru”. Kenyataan Supra X tetap menjadi motor terlaris kedua setelah Absolute Revo, adalah karena fanatisme masyarakat terhadap merek Honda. Jupiter MX adalah motor dengan dilengkapi berbagai teknologi seperti radiator, diasil cylinder, forged piston, rasio kompresi yang sangat tinggi 10.9:1, dan konsumsi BBM yang 11:12 dengan Supra X.

Categories:

28 Responses so far.

  1. Unknown says:

    honda menang top speed,yamaha menang accelerasi

  2. kenyataan dilapangan adalah pengalaman pribadiku
    tiap hari, kecuali hari ahad aku selalu ke tempat kerja dengan jarak 40 km
    berarti pp = 80 km
    2008 s.d. 2010 aku pakai supra fit (2006)
    dalam sebulan habis dana premium Rp 68.000,- (cukup 4x isi fulltank/minggu)
    tahun 2010 aku ganti vega zr (2010)
    dalam sebulan habis dana premium Rp 85.000,- (harus 5x isi fulltank/minggu)
    waktu harga premium masih Rp 4.500/liter selisih Rp 17.000/bulan lebih irit supra fit dari pada vega zr

    bila sekarang harga premium Rp 6.500/liter, selisih menjadi selitar Rp.25.000/bulan

    ini bukan pemujaan atau penistaan
    tapi kenyataan aku yang alami

  3. kalian jangan suka ngomong doang......coba lawan gw motor 2 tack berani gak....gw punya rx king.....

  4. Unknown says:

    Klo mo irit BBM, Tarikan enteng, Mesin Halus, Tidak merusak Mesin, dari Bahan Herbal lagi... Coba Deh Dexon1powerduos.com/?id=arysubarkah
    Sudah Terbukti.

  5. Yamaha merek yang cuma bisa ngaku ngaku doang ngakak dah
    Ngaku pertama otomatis Ga hormatin vepsa corsa yang paling pertama otomatis hahaha
    Ngaku pertama forged piston padahal honda kawasaki suzuki juga pake forrged piston norak banget ngakak lagi....
    Ngaku irit lagi woi inget irit enggaknya itu tergantung tangan kanan mau motornya apapun sama aje. Lo salesny yamaha ya hha
    Atau baru beli motor yamaha
    Baru pake motor jepang aja belagu
    Sorry gue bukan orng yang fanatik merek apalagi semua merek yg gue sebut td
    Ga belain honda
    Soalnya gue ga pake merek jepang bos hha
    Gue cuma ga suka aje banyak banget artikel yamaha suka ngejelek-jelekin merk lain tanpa bukti nyata.sekian

  6. xrxrxr says:

    Ini sih nampaknya menghina Honda nie..

  7. Enda says:

    wah seru ya...intinya sih semua motor bagus dan dirancang untuk tujuan market tertentu. peace ah !
    Nitip jemuran gan...jual satria black fire II >> www.dealermotorsuzuki.com
    thx admin

  8. Enda says:

    Wah seru ya...semua motor bagus yang g bagus itu yang ga punya motor :)
    Nitip bos...jual satria FU Black Fire II >> www.dealermotorsuzuki.com
    Thx.

  9. Unknown says:

    tai anjing..artikel yamaho ini mah...mana ada jupe mx irit 11 12 ama supra? benci boleh boss GOBLOK jangan!!

  10. �� says:

    pengalaman saya pernah punya supra x 125 karburator, top speed nyampe 135 km/jam (full standar, ga pernah d apa-apain mesinnya), lalu setelah bberapa tahun, ganti kampas kopling standar, per kopling TDR sama stel piano klep (karena udh mulai longgar) dapat top speed 140 km/jam, test track lurus 500 meter sama jupiter mx 135cc 5 speed ketinggalan sekitar 5 meter karena kalah di akselerasi.
    dengan kondisi sama2 mesin standar, sama2 per kopling TDR, sama2 velg jari2, sama2 ban kecil. (dulunya masih gila balapan :D)

  11. Unknown says:

    yg bner bang.. sy aja pake cbr gak gitu2 amat

  12. Sya says:

    Udah ah... semua merk motor bagus. Paling bedanya cuma merk. Didipetet aja bilang soal irit bedanya cuma 1 sendok makan, soal kecepatan itu tergantung sefty driving dari pabrikan. Tapi semua itu tergantung pemakainya berpengalaman dan cara benkendara. Kalau berpengalaman ya mx itu cc nya lebih besar 10 cc dari supra x. Bisa di nalar saja lah. Semangat terus temen2.

  13. Unknown says:

    Menurutku jupiter mx memang masih tergolong irit sbb dari Malang kepanjen dengan jarak 38 km pp jadi 76 km habis bensin 1.1 liter. Pulangnya balapan dengan supra x 125 dia udah gas mentok aku masih ada tarikan gas lagi jadi masih bisa mendahului dan tak terkejar..kalo jalan bagus Jupiter mx pasti pemenangnya tapi kalo jalan agak bergelombang mungkin supra x bisa nyusul sbb setir supra x lebih stabil dibanding jupiter mx..

  14. Unknown says:

    Tai kucing aku ada Supra x125 injeksi pernah aku test sama Jupiter MX 135cc jarang jauh ketinggalan Jupiter MX 135cc Supra ku dapat top speed nya 117
    Jupiter MX 135 cuma dapat 105

  15. Unknown says:

    lu yg tai kucing . jelas unggul new jupiter mx

  16. Unknown says:

    Hhhh sales Honda ya 🤣🤣 inget honda tu suka supercopy model pabrikan lain,inget tuh setan

  17. Unknown says:

    Jadi bingung nih, mau ambil supra apa new MX ya.??? #edisigantikuda

  18. Unknown says:

    Hahan kelihatan banget sales Honda nya hahaha

  19. Unknown says:

    Mx old udah merajalela sekarang

  20. Unknown says:

    Ini pengalaman pribadi gue. Gue udah 12 tahun pakai jupiter mx, keluaran 2008. Tadi nih ya ( senin nov 2020), gue kerja dengan jarak tempuh 98 km (PP). Pas berangkat pagi gue isi fulltank, sorenya gue isi lagi fulltank cuma 13 ribu (pertralite)
    Nah loe hitung aja pemakaian BBmnya.
    Kalau masalah kecepatan, maaf ya, sekali lagi maaf.
    Di rumah gue ada banyak varian motor. Kalau gue pakai spidometer motor merk Hnda, 80 km di spido, laju motor masih santai. Tapi kalau gue pakai motor merk ymaha, 80 di spidometer, mulut gue ulah rasanya belepotan diterjang angin. Entah itu cuma perasaan gue aja atau memang realbya begitu. Yg jelas, kalau dites di track lurus antar jupiter mx sama supra 125, kita udah bisa tebak deh mana yg unggul. Kecuali loe mau pakai satria 2 tak, barulah siap2 diasepin sama rajanya motor bebek itu

  21. Saya pakai new jupiter mx 135,buat mudik dua kali jakarta-purwokerto habis sekitar 60ribuan pertamax.main gas sesuka hati,ya lumayan irit lah motor karburator,belum injeksi. Masih dpt 1:46-53km.

  22. Unknown says:

    Iya Jupiter MX new 135 emg irit

  23. Betull boss,supra cuma halus&enteng,kalau kecepatan jauh beda sm mx,,kalau dr honda csl itu lawan seimbang mx,kalau dr suzuki yaitu raider 2003...soalnya sy pernah pake 3 motor tsb..tp kalo standart,sebenernya gw lebih jagoin yg raider dr suzuki...tenaga punya,nafas juga panjang..akselerasi oke juga krn pake 5 speed tp sayang,onderdilnya jarang buanget...masa cuma ganti sekher doank musti pesen ke jepang dulu di bengkel resminya

  24. Unknown says:

    Honda kontol motor kreditan murah aja belagu,kalian itu pilih honda karena dp nya murah dan perbulan murah juga terus gampang acc,orang susah kayak kontol belagu memek lah honda,beli mobil woy kalo kaya,anjing honda

  25. gua punya kedua merek motor itu. jupiter mx 135 dan honda supri 124, sekian cc😂😂😂. yang gua rasakan tenaga nya unggul jupi mx 135. irit nya unggul supri x 124,sekian cc. fakta yang gua rasakan sendiri

  26. Unknown says:

    Barusan abis bawa motor Jupiter MX 2011 dari Bandung -bekasi 138km. Kecepatan 70-90 karena daerah Cikalong kosong saat jam setengah 6 pagi. Alhamdulillah sampe tambun habis 2.97 liter. Pakai Pertamax. Jatuhnya 46.46km/Liter. Di kerawang jalan baru enak banget bawa 90kpj nyalip nyalip enteng. Apalagi sempet vario150 sok sok an mau adu track. Diajak geber 100 langsung ketinggalan sekebon...wkwkwk

Leave a Reply