Beberapa bulan yang lalu Suzuki memeriahkan pasar skutik roda dua di Indonesia. Segmen yang dibidik kelas bawah (low end) dan kawula muda, nampaknya akan menjadi rival si mio dan Honda Beat. Kekalahan telak Suzuki di roda dua sungguh memprihatinkan, sudah sepantasnya menghasilkan produk yang lebih inovatif dan diminati konsumen.
Spesifikasi:
Panjang 1.850 mm
Lebar 665 mm
Tinggi 1.035 mm
Jarak sumbu 1.235 mm
Jarak pijak 135 mm
Tinggi jok 735 mm
Berat kosong 87 kg
Mesin:
Jenis 4 langkah 1 silinder
Sistem katup SOHC 2 valve
Diameter Langkah 51,0 x 55,2 mm
Isi silinder 113 cm3
Ratio kompresi 9.4
Tenaga maksimum 9,4/8800 ps/rpm
Torsi Maksimum 8,7/6.500 Nm/rpm
Sistem bahan bakar Karburator(BS22)
Sistem pengapian CDI
Sistem starter Elektrik dan engkol
Transmisi CVT/V-belt
Kapasitas tangki 3.5L
Rangka:
Suspensi Depan Teleskopik, per ulir, Peredam Oli
Suspensi Belakang Tipe lengan ayun, per ulir, Peredam Oli
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol
Roda depan 70/90 – 14 M/C 34 P Roda belakang 80/90 – 14 M/C 46 P
Velg Casting Wheel
Kelebihan Nex dibanding kompetitor adalah tenaga yang dihasilkan mencapai 9.4 dibanding Mio dan Beat (8,2-8,3). Torsi juga lumayan besar 8,7 Nm menghasilkan daya dorong yang baik. Dari sisi harga berkisar 12,3 juta lebih murah sedikit dibanding kompetitor. Konsumsi bensin diklaim irit mencapai 79,6 kilometer per liter (dengan metode tertentu).
Categories: