Latest Stories


 Tiga varian punya daya tarik soal bagasi
Kini pilihan buat mencari skubek dengan bagasi luas di bawah jok, terbuka lebar. Makin banyak pabrikan yang menyodorkan kemudahan konsumen untuk bisa membawa barang bawaan berlebih. Seperti Yamaha Xeon 125, Suzuki Hayate 125 dan Honda Spacy Helm In.

 Hadirnya ketiga skubek itu, tentu menyempurnakan varian yang sudah ada sebelumnya. Misalnya, Yamaha Nouvo dan Suzuki Skywave 125. Tapi, karena kedua produk ini sudah tidak produksi lagi, pilihan pun hadir di tiga varian terbaru.

MOTOR Plus coba mengulik lebih jauh soal ketiga skubek beda pabrikan itu. Sedikit mengesampingkan harga jual yang terkadang jadi faktor penentu konsumen dalam memilih pacuan.

Coba tidak lagi melihat harga jual, tapi lebih dari apa yang bisa didapat oleh konsumen dari ketiga skubek ini. Ini kali, baru bicara fitur dan spek. So, belum bicara soal bagasi. Next ya!

Harga Jual
Buat sekadar tahu agar sobat tahu lebih, rentang harga jual ketiganya memiliki selisih tidak lebih dari Rp 2 jutaan per varian. Maksudnya, dari Honda Spacy yang ditawarkan Rp 12.550.000 untuk versi pelek palang. Lalu, Suzuki Hayate 125 yang dijual seharga 14,3 juta. Itu artinya selisih Rp 1.750.000.

Sedang Hayate ke Yamaha Xeon hanya selisih Rp 1.490.000. Sebab, Xeon yang muncul lebih dulu, bermain di harga lebih tinggi. Yaitu, 15.790.000. Semua harga yang ditawarkan tadi sudah on the road (OTR) untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Engine
Hanya Spacy yang mengusung kapasitas mesin lebih kecil ketimbang kompetitornya. Yup! Skubek terbaru Honda ini memiliki isi silinder 110 cc. Sementara, Yamaha Xeon dan Suzuki Hayate bermain di kelas 125 cc.

Kelebihan isi silinder tentu bisa mempengaruhi besarnya output tenaga yang ada. Dari brosur yang dimiliki, Spacy bermain di 8,54 PS/ 8.000 rpm. Hayate tentu lebih tinggi, 9,6 PS/ 8.000 rpm. Sedang Xeon lebih tinggi lagi, 8,05 kW/ 8.500 rpm atau setara 10,8 dk/ 8.500 rpm.

Tapi, di antara ketiganya, ada kelebihan teknologi engine yang diusung Xeon. Selain aplikasi forging piston dan blok DiAsil Cylinder, soal pendinginan juga didukung radiator.

Kelebihan itu, tidak dimiliki kedua lawannya yang mengusung bagasi besar. Baik Spacy dan Hayate, masih usung pendinginan udara. Makanya, soal rasio kompresi mesin pun Xeon cenderung lebih tinggi. Yaitu, 10,9 : 1. Hayate 9,6 : 1 dan Spacy bermain di 9,2 : 1.

 Saling melengkapi fitur
Fitur
Selain bagasi, beberapa skubek ini juga memiliki fitur lain yang diunggulkan. Spacy, cenderung aplikasi fitur pengamanan berlebih. Dari fitur brake lock di handel rem belakang misalnya.

Standar samping. Hayate dan Spacy mengusung teknologi sama. Ketika standar samping menyangga, mesin pun tak bisa dinyalakan. Karena adanya switch yang memutus arus listrik ke pengapian.

Fitur pengamanan juga tidak kalah penting. Dari ketiga skubek yang bertarung ini, semua dilengkapi penutup lubang kunci kontak bermagnet. Tapi buat di Spacy, sedikit lebih. Lubang akan tertutup sendirinya ketika kunci kontak dicabut dalam posisi kunci setang. Jadi, tidak perlu menutup secara manual seperti kebalikan untuk membuka.

Soal penerangan malam hari, Xeon dan Hayate aplikasi headlight di bagian cover depan. Sedangkan Spacy, menempatkan lampu utama di batok setang.

Tangki Besar
Keunggulan ini juga yang membedakan dari varian lain. Bukan hanya kapasitas bagasi yang besar. Tapi, tangki bahan bakar yang dimiliki ketiga skubek ini juga. Begitunya, pemilik motor jadi lebih jarang mampir ke SPBU!

Hayate dan Spacy juga sama begitu! Artinya, tangki masih bisa tetap dituangkan Premium hingga full 5 liter. Tapi tangki Xeon, di bawahnya. Yaitu, 4,1 liter. So, selisih 0,9 liter dari Spacy dan Hayate ya!

Categories:

Leave a Reply