Latest Stories

Premium Atau Pertamax
Premium Atau Pertamax
Anehnya Kebanyakan Masyarakat di Indonesia biasanya tidak mempedulikan soal oktan. Memang harga pertamax lebih mahal jika dibandingkan dengan harga premium. Karena semakin besarnya oktan pada bahan bakar maka akan semakin mahal harga bahan bakar tersebut. Jupiter Mx sendiri memiliki perbandingan konpresi 10.9 : 1

Perbandingan Angka Oktan dan Kompresi


Pertamax Plus = Oktan 95
Kompresi = 10:1 – 11:1

Pertamax = Oktan 92
Kompresi = 9:1 – 10:1

Premium = Oktan 82
Kompresi = 7:1 – 9:1

Di tabel atas menunjukkan bahwa mesin yang tekanan kompresinya 10,9 : 1 alangkah baiknya memakai pertamax plus atau pertamak, tapi sekedar informasi mesin mx itu apabila diisi pertamax maka otomatis pembakarannya lebih sempurna & Powerfuul banget. Selain itu Pertamax lebih irit meski dengan beban berat. Sebab tidak ada detonasi dan menghasilkan tenaga gede. Beda dengan pakai Premium. Gas harus dipelintir abis mulu. Sehingga boros.
Bila motor dengan kompresi 10 keatas menggunakan premium, maka power akan turun, dan akan cepat terjadinya kerak didalam mesin, jika motor jarang dipakai atau tidak dipakai jarak jauh dan penggunaannya selalu pelan. Akibat dari pemakaian premium tidak akan terlalu terasa ( dalam waktu yang cukup lama ), sedangkan bagi pengguna yang pemakaian motornya sering terutama pemakaian jarak jauh dengan kecepatan full, maka kerusakan pada motor akan berdampak lebih cepat.
So silahkan pikirkan gan bagi para hususnya pengendara MX sekalian. Premium Or Pertamax ?

Categories:

Leave a Reply